Rabu, 24 November 2010

Teknik Membuat Password Yang Kuat

Semakin hari para hacker atau cracker semakin kreatif dalam menjebol password akun kita. Oleh karena itu jika sobat memiliki akun Facebook, Friendster, Email, Website serta Rekening online seperti Klikbca, paypal, alertpay dsb dianjurkan lebih berhati-hati dalam membuat sebuah password.
Bahkan University of Wyoming juga menyarankan agar pengguna internet harus memperlakukan sebuah password seperti pakaian dalamnya, yaitu sering-sering diganti, jangan dipinjamkan ke orang lain dan jangan dibiarkan terbuka.

Salah satu cara hacker menembus akun kita adalah dengan cara menebak password. Hacker menggunakan script yang dapat memasukkan puluhan password tiap detik untuk mencoba masuk ke dalam account kita.
Cara hacker menebak password kita antara lain dengan:
  1. Brute force attack, yaitu dengan mencoba semua kombinasi, mulai dari aaaa sampai zzzz, sampai beberapa karakter.
  2. Dictionary attack, yaitu dengan menebak menggunakan kata-kata dalam kamus, dan dikombinasikan dengan angka-angka atau karakter.
  3. Personal information attack, dengan cara memasukkan data-data pribadi seperti nomor telepon, tanggal lahir, nama pacar, kode pos, dan sebagainya.
Symantec (perusahaan yang telah menghasilkan produk software security dan antivirus) memberikan tips dalam membuat sebuah password yang tidak mudah dibobol.

1. Jangan memakai informasi pribadi seperti nama pribadi, nama hewan peliharaan, nama keluarga, ataupun tanggal lahir. Karena mudah ditebak.

2. Untuk banyak akun, lebih baik menggunakan password yang berbeda-beda.

3. Gunakanlah perpaduan antara angka, huruf besar dan kecil serta simbol.

4. Gunakan kata yang mudah di ingat tapi sulit ditebak.

5. Ganti beberapa karakter di password anda dengan huruf atau simbol.

6. Gunakan kata yang panjang, karena semakin panjang maka semakin kuat.

7. Hindari pengulangan kata, berurutan, atau kata yang berasal dari kamus.

Demikianlah tips agar password kita sulit untuk dibobol hacker. Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar